Obat Batuk Pilek Anak yang Bagus dan Manjur Untuk Balita Umur 1 Hingga 2 Tahun

Obat Batuk Pilek Anak yang Bagus dan Manjur Untuk Balita Umur 1 Hingga 2 Tahun admin akan bahas kali ini. Lapisan ozon yang semakin menipis ternyata memberi dampak buruk bagi kesehatan. Pasalnya, zaman sekarang sangat tidak mudah dalam memprediksi cuaca. Musim pancaroba sering kali terjadi. Hal ini akan membawa masalah bagi anak-anak yang masih berusia 1,2 hingga balita. Rentang usia anak-anak tersebut adalah masa mereka masih sangat aktif dalam melakukan kegiatan di luar rumah. Namun kondisi lingkungan membuat mereka rentan terkena penyakit langganan seperti batuk dan pilek. maka dari itu perlu mengetahui obat batuk pilek anak yang bagus dan majur untuk balita umur 1 tahun hingga 2 tahun dan juga balita.

 

Obat Batuk dan Pilek

Obat  Batuk Pilek Anak yang Bagus

Obat Batuk Pilek Anak yang Bagus dan Manjur Untuk Balita Umur 1 Hingga 2 Tahun

Obat Batuk Pilek Anak yang Bagus dan Manjur Untuk Balita Umur 1 Hingga 2 Tahun

Batuk pilek adalah penyakit kompleks yang sering sekali menyerang anak-anak. Saat mereka melakukan kegiatan di luar rumah, maka virus dan bakteri akan dengan mudah masuk ke tubuh mereka. Usia anak-anak adalah usia dimana mereka tidak menyukai makan buah dan sayur-mayur. Hal inilah yang mampu membuat daya tahan tubuh mereka rendah dan tubuh rentan terhadap penyakit. Beberapa obat batuk pilek banyak beredar di klinik dan apotek, namun ada baiknya apabila melakukan pengobatan dengan cara yang alami. Berikut ini beberpa obat batuk pilek anak yang bagus untuk anak yaitu:

Baca Juga : Cara Penularan Influenza

  • Memijat Kepala

Pilek adalah penyakit dimana bakteri menyerang saluran pernapasan seperti hidung, dan membuat hidung memproduksi cairan atau lendir secara berlebihan. Obat pilek yang pertama bisa dilakukan kepada anak adalah dengan memijat kepala. Biasanya saat anak sedang pilek, maka otak akan memberikan reaksi nyeri terhadapnya. Untuk mengurangi rasa nyeri, kepala si kecil bisa dipijat-pijat secara perlahan. Selain meredakan rasa sakit, hal ini bertujuan untuk memberikan sensasi nyaman kepada tubuh bayi dan akan membuatnya mendapatkan kembali energi yang sempat hilang.

  • Diberi Asi

Obat pilek anak 1 tahun selanjutnya adalah dengan pemberian asi eksklusif. Pemberian asi dipercaya memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anak berumur 1 tahun yang sedang terserang pilek berarti sistem kekebalan tubuhnya kalah oleh bakteri yang menyerang, sehingga dengan pemberian asi diharapkan sistem kekebalan tubuh anak dapat ditingkatkan untuk bisa melakukan perlawanan terhadap virus dan bakteri yang menyerang.

  • Membersihkan Hidung dari Produksi Lendir yang Berlebihan

Ilustrasi Membersihkan Hidung dari Produksi Lendir yang Berlebihan sebagai Obat untuk Penyakit Batuk dan Pilek

Ilustrasi Membersihkan Hidung dari Produksi Lendir yang Berlebihan sebagai Obat untuk Penyakit Batuk dan Pilek

Obat pilek anak yang manjur selanjutnya adalah dengan membersihkan hidung dari produksi lendir yang berlebihan. Saat sedang pilek, berarti hidung memproduksi lendir dan cairan dalam jumlah yang berlebihan. Hal ini akan sangat mengganggu aktivitas si kecil. Untuk mengurangi rasa sakit pada hidung anak yang tersumbat, maka orang tua bisa membantu membersihkan hidung dari poduksi lendir nya. Bisa dilakukan dengan cara membersihkannya menggunakan tisu basah maupun tisu kering yang lembut di tubuh bayi.

Baca Juga : Info Lengkap dan Bahaya Flu Bayi

  • Terapi Uap Panas

Obat pilek untuk anak 1 tahun selanjutnya bisa dilakukan dengan cara memberikan bayi terapi uap panas air. Panas yang diberikan ke dalam tubuh bayi dipercaya mampu memberikan sensasi nyaman terhadap tubuh. Selain itu panas dari uap air akan membantu membunuh kuman-kuman yang menyerang bakteri. Sehingga uap panas akan membantu meredakan produksi lendir-lendir yang mengganggu saluran pernapasan seperti hidung.

  • Mengkonsumsi Madu

Obat pilek untuk anak selanjutnya adalah dengan memberikan madu. Madu adalah pemanis alami yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya untuk memberikan kesehatan namun juga berfungsi untuk memperbaiki sistem kerja tubuh yang rusak. Mengkonsumsi madu bagi penderita batuk dan pilek dapat menjadi solusi, sehingga diharapkan saat madu diberikan maka pilek dan batuk dapat reda dan hilang

  • Memberikan Air Putih

Minum Banyak Air sebagai Cara Mengatasi Hidung Tersumbat karena Flu

Minum Banyak Air sebagai Cara Mengatasi Hidung Tersumbat karena Flu

Obat pilek anak umur 2 tahun selanjutnya yang manjur adalah dengan memberikan air putih. Air putih merupakan kebutuhan penting bagi tubuh. Kerja metabolisme tubuh akan terhambat apabila seseorang mengalami kekurangan air putih. Air putih yang diberikan kepada anak umur 2 tahun yang sedang terkena penyakit batuk dan pilek dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya dipercaya dapat meredakan batuk pilek dengan cepat. Hal ini karena air putih dapat membantu mengeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh melalui air seni dan keringat.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Anak

  • Menggosokan Minyak Telon

Obat pilek anak 2 tahun selanjutnya dapat dilakukan dengan menggosokan minyak telon. Minyak telon berfungsi sebagai pereda produksi lendir atau cairan berlebihan yang diproduksi oleh hidung. Minyak telon yang dioleskan di bagian hidung dipercaya akan membantu mengeringkan lendir pada hidung, juga apabila dioleskan dibagian tenggorokan maka dipercaya mampu meredakan rasa nyeri di tenggorokan.

 

Obat Pilek Balita

Sama halnya dengan obat batuk pilek anak usia 1 hingga 2 tahun, obat pilek balita juga bisa menggunakan obat batuk pilek anak usia 1 hingga 2 tahun. Hal ini karena anak yang berusia 1 hingga 2 tahun masih terbatas obat yang diberikan, namun karena usia lima tahun sistem kerja organnya sudah kompleks maka resiko terkena penyakit lain bisa dikurangi. Beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai obat pilek untuk balita, yaitu:

  • Air Perasan Jeruk Nipis

Lemon atau Jeruk Sebagai Obat Batuk Berdarah

Lemon atau Jeruk Sebagai Obat Batuk Berdarah

Obat batuk pilek balita pertama adalah dengan memberikan si kecil air perasan jeruk nipis. Kandungan dalam jeruk nipis dipercaya baik untuk meredakan rasa nyeri pada tenggorokan juga dipercaya mampu meredakan penyakit pilek yang di derita. Air perasan jeruk nipis ini disarankan untuk diminum dengan air hangat. Agar manfaat yang diterima dapat maksimal.

  • Mengkonsumsi Air Rebusan Jahe

Obat batuk pilek untuk balita selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi air rebusan jahe. Jahe yang memiliki kandungan aktif mampu mengurangi produksi lendir pada hidung. Juga dapat memberikan sensasi nyaman, sehingga anak dapat tidur dengan lelap walau sedang batuk dan pilek.

Penyebab Batuk Kering Berkepanjangan pada Anak

  • Menggunakan Irisan Bawang Putih

Obat tradisional batuk pilek balita selanjutnya adalah dengan menggunakan Bawang Putih. Bawang putih memiliki kandungan sulfur di dalam nya dapat mengurangi produksi lendir pada hidung. Sehingga meletakkan bawang putih dalam jarak dekat dengan hidung akan membuat lendir mengering dengan cepat dan si kecil dapat beraktivitas tanpa terhalang oleh hidung yang tersumbat

  • Memijat Kepala dengan Minyak Kelapa

Obat batuk pilek pada balita selanjutnya dapat dilakukan dengan memijat kepala dengan minyak kelapa. Minyak kelapa akan memberikan rasa nyaman terhadap bayi yang sedang terserang bakteri dan virus penyebab pilek dan batuk. Saat kepala bayi dipijat dengan minyak kelapa maka otomatis akan membuat syaraf menjadi lebih rileks sehingga aliran peredaran darah dapat mengalir lancar.

  • Istirahat yang Cukup

Ilustrasi Biarkan Bayi Istirahat Cukup sebagai Cara Mengatasi Flu pada Bayi 1 Bulan

Ilustrasi Biarkan Bayi Istirahat Cukup sebagai Cara Mengatasi Flu pada Bayi 1 Bulan

Obat pilek alami untuk balita dapat dilakukan dengan memberikan si kecil istirahat yang cukup. Pasalnya, bayi yang terkena penyakit pilek biasanya karena daya tahan tubuh nya tidak cukup kuat untuk melawan bakteri yang menyerang saluran pernapasan seperti hidungnya. Sehingga dengan memberikan istirahat yang cukup berarti kita sedang memberikan obat batuk pilek alami untuk balita.

Baca Juga : Obat Flu Singapura pada Anak

Sekian bahasan Obat Batuk Pilek Anak yang Bagus dan Manjur Untuk Balita Umur 1 Hingga 2 Tahun, semoga ada manfaatnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: