Waspadai Gejala Flu Babi pada Manusia dan Babi Peliharaan Berikut

AidaAzryn.com | Kali ini admin akan membahas Gejala Flu Babi pada Manusia dan Babi Peliharaan. Pertanyaan seperti apa itu flu babi, Sering kali dilontarkan dari orang banyak yang mengenal penyakit ini dengan tidak spesifik. Banyak dari kita yang belum pernah mengikuti penyuluhan tentang penyakit flu babi. Sehingga masih banyak masyarakat yang menyepelekan penyakit ini. Meski terbilang tidak menakutkan namun tetap saja kita harus mewaspadainya. Cara yang baik untuk mewaspadai gejala flu babi pada manusia dan babi peliharaan berikut dipaparkan dengan lebih jelas.

 

Flu Babi

Penyebab Flu Babi dan Cara Mencegah Flu Babi

Cara Mencegah Flu Babi Agar Tidak Tertular

Cara Mencegah Flu Babi Agar Tidak Tertular

Penyebab flu babi yang menyerang manusia dan juga babi peliharaan adalah sama. Selain dapat menyerang hewan, flu babi merupakan salah satu virus yang menyerang manusia juga. Virus yang menjadi gejala awal flu babi adalah virus H1N1. Sebelum membahas soal gejala flu babi yang sering disepelekan maka ada baiknya kita pelajari cara mencegah flu babi terlebih dahulu. Banyak cara mencegah penyakit influenza ini, diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Mencuci Tangan dengan Bersih

Mencuci tangan dengan air saja ternyata tidak cukup. Agar kuman, bakteri bahkan virus yang mungkin saja bersarang di tangan anda hilang, maka pastikan menggunakan sabun. Sabun yang anda gunakan pun seharusnya tidak boleh disamakan dengan sabun mandi. Banyak sekali penyuluhan tentang hal ini.

  1. Hindari Kontak Langsung dengan Babi

Apapun kondisi anda, sebisa mungkin jangan bersentuhan dengan hewan babi secara langsung. Karena flu babi berawal dari flu yang diderita babi.

  1. Menutup Mulut juga Hidung

Saat anda sudah sakit menjauhlah ketika ingin bersin ataupun batuk. Hal yang satu ini jika dilakukan bisa mengurangi penyebaran virus flu babi pada orang lain. Jika anda merasa tidak mungkin untuk menjauh maka tutup mulut dan hidung anda.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Batu Gatal di Tenggorokan

 

Cara Sederhana Mencegah Virus Flu Babi

Cara Sederhana Mencegah Virus Flu Babi

Cara Sederhana Mencegah Virus Flu Babi

Untuk mengobati flu anda bisa melakukannya sendiri. Cara sederhana yang bisa anda lakukan sendiri adalah istirahat yang cukup serta minum banyak cairan untuk mengurangi rasa dehidrasi pada tenggorokan. Anda juga bisa menggunakan obat resep dari dokter saat anda berkunjung ke rumah sakit untuk mengurangi rasa sakitnya. Beberapa obat tersebut meliputi paracetamol untuk mengurangi suhu tubuh yang meningkat serta ibuprofen.

Baca Juga : Ciri dan Gejala Batuk Bronkitis

 

Gejala Flu Babi pada Manusia

Batuk sebagai Gejala Flu Babi pada Manusia

Batuk sebagai Gejala Flu Babi pada Manusia

Flu babi yang notabene adalah penyakit pernapasan pada manusia adalah akibat virus bertipe A yaitu H1N1. Gejala flu babi pada manusia setidaknya mirip dengan gejala flu biasa yang sering menyerang, Dibawah ini akan di jelaskan ciri ciri virus influenza jenis flu babi pada manusia, yaitu :

  1. Demam

Gejala flu babi pada manusia yang pertama ialah demam. Pada flu biasa akan terjadi peningkatan suhu tubuh, maka begitu juga ketika anda menderita flu babi. Suhu tubuh akan menjadi panas hingga naik ke 38 derajat celcius. Demam merupakan gejala awal flu babi.

  1. Batuk

Tanda dan gejala flu babi yang beriktunya yaitu batuk. Batuk merupakan hal yang sering dianggap biasa, namun perlu kamu ketahui bahwa batuk merupakan salah satu akibat dari flu babi. Untuk itu, tetap waspadai gejala tersebut.

  1. Sakit Tenggorokan

Dan gejala klinis flu babi yang terakhir ialah sakit tenggorokan. Seringnya ketika kita sedang batuk, tenggorokan akan menjadi sakit akibat kering atau seringnya kita batuk. Maka ini adalah gejala selanjutnya. Bahkan terkadang flu babi menyebabkan gejala yaitu nyeri pada beberapa bagian persendian tubuh.

Tanda dan gejala flu babi pada manusia bisa terjadi lebih parah atau lebih ringan. Hal itu tergantung pada kondisi masing masing penderita.

Baca Juga : Antibiotik Untuk Batuk Rejan yang Efektif

 

Gejala Flu Babi pada Babi

Gejala Flu Babi pada Manusia dan Babi Peliharaan

Gejala Flu Babi pada Manusia dan Babi Peliharaan

Gejala flu babi pada babi penting untuk diketahui. Penyakit flu babi datangnya dari virus yang dikeluarkan babi ketika ia terserang flu. Penyebarannya lewat udara yang kita hirup sehingga menyebabkan manusiapun ikut terserang. Penyebab swine flu babi adalah ketika anda ada di lingkungan tempat babi atau kandang babi dan bersentuhan dengannya. Beberapa gejala flu babi hampir mirip dengan gejala yang muncul pada manusia, yaitu:

  1. Babi akan menjadi lemas. Flu yang menyerangnya membuat ia tdak nafsu makan dan akhirnya menjadi lemas
  2. Selanjutnya babi akan terkena diare sehingga makanan yang masuk ke tubuhnya akan dikeluarkan lewat kontoran.

Baca Juga : Info Lengkap Batuk Berdarah

Sekian bahasan Gejala Flu Babi pada Manusia dan Babi Peliharaan, semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: