Flu Spanyol Serta Pembahasan Penyebab Wabah Penyakit dan Sejarah Flu Spanyol di Indonesia

Flu Spanyol Serta Pembahasan Penyebab Wabah Penyakit dan Sejarah Flu di Indonesia merupakan tpik hangat di tahun 2016 lalu. Belum lama ini, masyarakat Indonesia dibuat resah oleh berita mengenai penyakit menular baru bernama spain flu. Pasalnya selain menular, ternyata flu ini dikabarkan menyerang umat manusia dan sangat mematikan. Flu ini dikabarkan diawali pada tahun 1918 pada perang dunia I. Dikabarkan pada tahun 1920 telah memakan 50 hingga 100 juta korban jiwa. Penyakit flu spanyol ini ternyata dengan cepat menyebar ke seluruh duni dan masih belum diketahui bagaimana untuk mengobatinya. Maka dari itu perlu diketahui mengenai flu spain serta pembahasan penyebab wabah penyakit dan sejarah flu di Indonesia.

 

Flu Spanyol

Sejarah Flu Spanyol

Sejarah Flu Spanyol

Sejarah Flu asal Spanyol

Sejarah flu Spanyol dimulai pada saat perang dunia I yakni pada tahun 1918. Walau namanya menyangkut suatu negara, namun belum ada yang dapat memastikan bahwa flu espana tersebut berawal dari negara Spain atau Spanyol. Pada awal perang dunia I, tentara militer membuat parit perlindungan dari serangan musuh. Namun ternyata seiring berjalannya waktu, flu tersebut malah membuat tentara militer meninggal dunia.

Flu asal spanyol ini dikabarkan disebabkan oleh virus influenza. Virus influenza ini merupakan virus tipe A dan bersubtipe H1N1 (Flu babi). Dikabarkan dari beberapa korban yang meninggal kebanyakan diantaranya adalah orang-orang muda. Apabila seseorang telah terkena virus flu asal spanyol maka orang tersebut tidak akan bertahan lama. Dalam beberapa hari virus tersebut akan menyerang tubuh dan akan membuat paru-paru berhenti dalam hitungan hari.

Baca Juga : Daftar Obat Pilek untuk Bayi

Penyakit flu dari spanyol adalah penyakit yang tidak dapat dianggap remeh, hal ini karena Spain Influenza tersebut dapat menular dengan cepat melalui udara. Hal ini lah yang membuat tentara militer pada saat perang militer I gugur atas parit perlindungannya sendiri. Virus flu spanyol menyerang orang dewasa karena tubuh orang dewasa lah tempat terbaik untuk virus influenza tipe A ini berkembang. Virus ini juga cepat sekali berkembang dan menyebar ke seluruh dunia, karena dapat menyebar lewat udara.

 

Wabah Flu Spanyol

Wabah Flu Spanyol

Wabah Flu Asal Spanyol

Wabah flu spanyol ini secara sederhana dapat digolongkan kedalam tiga gelombang. Musim semi 1918 pada perang dunia I adalah gelombang pertama, namun diketahui bahwa pada musim tersebut hanyalah wabah flu biasa. Banyak kabar yang beredar, bahwa Spain Influenza merupakan kombinasi dari flu babi (H1N1), flu burung (H5N1) dan flu manusia.

Gejala flu spanyol dapat ditandai dengan kondisi tubuh yang menurun dan menyebabkan tubuh merasa cepat lelah. Hal ini merupakan tanda awal bahwa virus sudah masuk dan mulai menyerang tubuh manusia. Setelah itu, penderita akan merasakan demam tinggi, kemudian sakit kepala yang luar biasa. Kemudian warna kulit akan berubah pucat dan mengarah ke ungu, selanjutnya akan terjadi pendarahan baik dari mulut maupun dari kulit yang terinfeksi, dan kemudian akan mengalami batuk berdarah.

Baca Juga : Ciri Flu Babi yang Wajib Kamu Ketahui

Awal gejala penyakit flu spanyol memang seperti gejala flu biasa, namun saat penderita pendarahan serta batuk berdarah maka penderita sudah masuk ke masa kritis dan akan sangat susah untuk di obati. Oleh karena itu, penting untuk segera melakukan tindakan pengobatan saat mulai merasa cepat lelah, pusing dan demam tinggi. Karena mengingat penyakit flu Spain tersebut sangat cepat berkembang dalam tubuh maka sebaiknya untuk tidak menganggap sepele saat gejala tersebut sudah menyerang tubuh.

 

Penyebab Flu Spanyol

Flu Spanyol Serta Pembahasan Penyebab Wabah Penyakit dan Sejarah Flu Spanyol di Indonesia

Flu Spanyol Serta Pembahasan Penyebab Wabah Penyakit dan Sejarah Flu di Indonesia

Penyebab flu spanyol yang sudah disebutkan sebelumnya adalah virus influenza tipe A. Virus ini akan mulai menyerang sel-sel pada dinding saluran pernapasan seperti hidung, tenggorokan dan paru-paru. Virus tersebut dapat tertular  melalui udara, ataupun benda yang sudah terinfeksi oleh penderita virus flu dari spanyol tersebut.

Flu asal Spanyol tersebut mulai masuk ke Indonesia pada tahun 2009. Flu spanyol di Indonesia dikabarkan langsung memakan korban jiwa. Di daerah toraja misalnya, wabah flu dari spanyol ini sangat cepat merambat. Banyak anak-anak dan orang muda yang setelah mengalami demam berhari-hari langsung mengalami kematian. Bahkan, setiap ada orang yang membantu menguburkan mayat yang meninggal akibat flu spanyol akan langsung meninggal dunia. Hal ini yang menyebabkan tidak ada satu keluarga pun yang tidak kehilangan anggota keluarganya.

Baca Juga : Kenali Cara Penularan Flu Burung

Flu Spanyol Serta Pembahasan Penyebab Wabah Penyakit dan Sejarah di Indonesia admin cukupkan sampai disini. Bila ada kesalahan, mohon diluruskan, dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!