Ciri Batuk Alergi dan Penyebab serta Cara Cepat Mengatasinya

AidaAzryn.com | Kali ini admin akan membahas Ciri Batuk Alergi dan Penyebabnya. Ciri Batuk Alergi adalah gejala awal yang menandakan seseorang akan mengalami batuk. Batuk alergi disebabkan oleh riwayat alergi yang ia miliki sebelumnya. Ciri pada batuk alergi hampir menyerupai ciri batuk jenis lain, yang membedakan hanya karena penyebab batuk alergi sangat kompleks.

Ciri Batuk Alergi dan Penyebab serta Cara Cepat Mengatasinya
Ciri Batuk Alergi dan Penyebab serta Cara Cepat Mengatasinya

Batuk Alergi

Penyebab Batuk Alergi

Batuk alergi disebabkan oleh riwayat alergi yang berbeda – beda. Adanya alergi pada penderita akan semakin membuatnya tidak nyaman dengan kondisinya saat sedang sakit. Penyebab umumnya adalah sistem kekebalan tubuh yang melemah pada kondisi tertentu. Adapun beberapa penyebab lainnya adalah :

  1. Batuk Alergi karena Dingin

Batuk karena alergi dingin adalah salah satu penyebabnya. Biasanya penderita akan membawa – bawa pakaian yang lebih hangat untuk menghindari datangnya batuk secara tiba – tiba. Cara mengatasi alergi dingin dengan tidak berada di luar ruangan yang suhu nya cukup dingin. Untuk cara menyembuhkan alergi dingin ini penderita harus merelakan tubuhnya untuk disuntik ketika sudah parah. Namun batuk alergi dingin ini juga bisa diobati menggunakan bahan alami.

  1. Batuk Karena Alergi Susu Sapi

Susu adalah asupan yang dibutuhkan bagi tubuh untuk menjaga tulang tetap kuat. Beberapa dari kita bahkan bayi memiliki riwayat alergi terhadapa salah satu jenis susu yaitu susu sapi. Maka untuk alergi pada anak bisa dengan mengganti susu sapi menjadi jenis susu lain. Alergi susu sapi pada bayi dapat diatasi dengan memberikannya pengganti susu sapi yaitu susu kedelai.

 

Ciri Ciri Batuk Alergi

  1. Tanpa Demam

Anak yang mengalami batuk terus menerus tanpa meningkatnya suhu badan adalah ciri batuk alergi pada anak yang tidak kita sadari.

  1. Waktu yang singkat

Seperti yang kita tahu, virus yang masuk kedalam tubuh mengakibatkan tubuh mengalami batuk yang cukup lama. Sehingga ketika anda batuk tidak seperti biasanya atau batuk yang hanya sebentar dapat dipastikan itu adalah batuk alergi.

  1. Tenggorokan gatal

Dari kedua ciri – ciri diatas, ciri – ciri yang ketiga ini adalah yang paling umum. Gatal tenggorokan dapat membuat iritasi pada tenggorokan anda.

  1. Bersin tanpa flu

Bersin adalah salah satu cara tubuh menghindari benda asing yang masuk. Bersin biasanya disertai dengan flu namun ciri – ciri batuk alergi adalah bersin yang tidak disertai dengan flu.

 

Cara Mengobati Batuk Alergi

  1. Kunyit

Kunyit dikenal dengan warnanya yang berwarna kuning. Sebagai pelengkap bumbu dapur ini kunyit ternyata dapat digunakan sebagai obat batuk alergi yang alami. Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mencampurkan sesendok teh kunyit yang sudah ditumbuk halus kedalam satu gelas susu jenis apapun. Bagi anda yang menyukai rasa manis anda dapat menambahkan sedikit madu untuk mendapatkan rasa manisnya.

  1. Kemangi

Mengonsumsi daun kemangi yang memiliki kandungan antioksidan, beta karoten,cryptoxanthin, lutein dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mengurangi resiko dari berbagai penyakit yang mungkin timbul. Caranya : minum air rebusan daun kemangi selagi hangat untuk mengobati batuk karena alergi.

Cara Cepat Mengatasi Batuk Alergi
Cara Cepat Mengatasi Batuk Alergi

Cara Mengatasi Batuk Alergi

Menghindari penyebab alergi, Bila anda alergi dengan dingin maka sebisa mungkin hindari tempat yang berhawa dingin, jika anda merasa harus berada ditempat yang dingin maka sebaiknya anda sediakan sesuatu yang bisa membuat tubuh anda menjadi hangat. Bila anda mempunyai riwayat alergi terhadap bulu binatang dan lingkungan yang kotor maka jauhi hal itu.Namun biasanya alergi tidak hanya di derita oleh orang dewasa. Pada kasus anak yang menderita batuk pun bisa diakibatkan oleh alergi. Batuk alergi pada anak biasanya disebabkan oleh susu sapi. Sehingga cara mengatasinya adalah dengan mengganti susu sapi menjadi susu kedelai.

 

Nah, cukup sekian bahasan Ciri Batuk Alergi dan Penyebabnya, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *