Cara Penularan Influenza Serta Menularnya Virus Penyebab Penyakit Tersebut

Ketidakseimbangan kondisi lingkungan saat ini menimbulkan dampak yang beragam. Salah satu dampak yang bersifat negatif dari kondisi tersebut adalah menimbulkan wabah penyakit bagi manusia. Kondisi lingkungan yang tidak stabil membawa berbagai virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan penyakit. Salah satu penyakit dimana seseorang dapat terkena adalah penyakit flu yang disebabkan oleh virus influenza. Maka dari itu perlu dikenali cara penularan influenza serta menularnya virus penyebab penyakit tersebut

 

Penularan Flu

Cara Penularan Virus Influenza

Cara Penularan Influenza Serta Menularnya Virus Penyebab Penyakit Tersebut

Cara Penularan Influenza Serta Menularnya Virus Penyebab Penyakit Tersebut

Virus influenza adalah virus yang menyerang saluran pernapasan seperti hidung dan tenggorokan. Cara penularan influenza ini ada tiga. Pertama, melalui kontak fisik langsung dengan mereka yang sudah positif terkena penyakit influenza. Kedua, dengan menggunakan benda-benda yang sudah terkontaminasi virus influenza, misalnya dengan menggunakan barang-barang bekas pakai penderita influenza. Cara penularan virus influenza yang ketiga adalah dengan cara menghirup virus tersebut. Cara terakhir ini bisa terjadi saat seseorang yang terkena penyakit influenza bersin dan kita berada dalam ruangan yang sama.

Baca Juga : Mengobati Penyakit Batuk Akibat Alergi Dingin

 

Cara Penularan Penyakit Influenza

Virus influenza hanya bisa tersebar dan menyerang tubuh manusia apabila si penderita dan calon korban berada pada ruangan yang sama dengan waktu yang sama. Namun, cara penularan penyakit influenza ini akan berhasil apabila sistem kekebalan (imun) tubuh calon korban sedang tidak baik. Artinya, calon korban sedang berada dalam kondisi daya tahan tubuhnya menurun. Apabila calon korban sedang dalam kondisi fit, itu artinya sistem kekebalan tubuhnya sangat kuat. Saat virus masuk ke dalam tubuh seseorang yang dalam kondisi fit maka virus tersebut akan dikalahkan oleh sistem kerja imun. Alhasil virus tersebut akan mati sebelum berhasil menyerang saluran pernapasan.

 

Gejala Penyakit Influenza

Hidung Gatal-Gatal sebagai Gejala Penyakit Influenza

Hidung Gatal-Gatal sebagai Gejala Penyakit Influenza

Sebenarnya ada berbagai cara mengobati flu. Flu merupakan jenis penyakit ringan yang menjadi penyakit langganan bagi manusia karena terlalu sering dan mudah menyerang manusia. Hal ini membuat para medis menemukan cara-cara yang terbilang mudah untuk mengatasinya. Bahkan tidak harus selalu memeriksakan ke dokter dan meminta resep dari dokter untuk bisa sembuh dari flu. Cukup mengenali gejala-gejala seperti apa yang dapat membuat seseorang dikatakan positif terkena penyakit flu.

Cara Mengobati Batuk Berdahak secara Alami dan Cepat

Gejala flu yang pertama adalah penderita akan merasakan hidungnya terasa gatal. Hal ini berarti bahwa virus sudah mulai menyerang di bagian saluran pernapasan khususnya hidung. Saat hidung terasa gatal maka seseorang akan terus menggaruk hidungnya hingga menyebabkan hidung menimbulkan warna merah. Pada hal ini calon pasien belum bisa dikatakan terkena flu, karena bisa jadi rasa gatal tersebut timbul karena alergi bukan karena serangan dari virus influenza.

Gejala flu selanjutnya adalah kepala akan terasa pusing. Kepala yang terasa pusing adalah akibat terganggunya masukan oksigen ke dalam otak. Virus influenza yang menyerang hidung akan menghambat jumlah oksigen yang masuk, alhasil jumlah oksigen yang disampaikan ke otak tidak akan memberikan jumlah yang normal. Maka otak akan menimbulkan rasa sakit di kepala.

Demam sebagai Salah Satu Gejala Flu pada Bayi, Anak, Balita, Ibu Hamil, dan Dewasa

Demam sebagai Salah Satu Gejala Flu pada Bayi, Anak, Balita, Ibu Hamil, dan Dewasa

Gejala selanjutnya adalah calon pasien akan merasakan demam. Demam bisa terjadi karena sakit kepala yang timbul. Sakit kepala tersebut akan membuat calon pasien susah tidur dan akan cepat sekali mengalami mudah lelah. Karena penyakit yang sudah kompleks ini, maka seseorang akan kehilangan stabilitas kondisi suhu tubuhnya dan mengakibatkan kondisi tubuhnya bereaksi menjadi suhu tinggi.

 

Cara Mengatasi Influenza dan Cara Mengobatinya

Cara mengatasi flu dan cara mengobati pilek biasanya menggunakan cara yang sama. Hal ini bisa terjadi karena biasanya virus influenza penyebab penyakit flu juga akan membuat bakteri dalam hidung dan mengakibatkan seseorang terkena penyakit pilek. Jikacara menyembuhkan flu salah satunya bisa dilakukan dengan meminum ramuan herbal seperti air rebusan jahe maka untuk menyembuhkan pilek memerlukan hal yang sama. Hal ini karena virus dan bakteri penyebab kedua penyakit tersebut sama-sama mengganggu saluran pernapasan seperti hidung dan tenggorokan.

Baca Juga : List Artikel Lengkap Mengenai Flu Burung

Air Rebusan Jahe

Cara menyembahkan flu dan mengatasi pilek yang dengan menggunakan air rebusan jahe dapat dilakukan dengan cara merebus jahe hingga air mendidih sekita kurang lebih 15 menit. Setelah itu ambil air rebusan sebanyak 450 ml, kemudian tunggu sampai air rebusan jahe sehangat kuku lalu langsung sekali teguk habis. Hal tersebut selain dipercaya mampu meredakan hidung dan tenggorokan juga mampu memberikan rasa hangat dan nyaman terhadap tubuh sehingga penderita bisa segera tertidur untuk mengembalikan energi yang hilang.

Konsumsi Buah dan Sayur

Cara menghilangkan flu selanjutnya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayur. Kandungan dalam buah dan sayur dipercaya dapat mengembalikan energi tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan (imun) tubuh seseorang. Saat virus menyerang dan penderita memakan buah yang kaya vitamin dan sayur yang berserat, maka sistem imun akan lebih kuat dalam melawan virus influenza yang menyerang  tubuh dan akan mengembalikan kondisi tubuh ke semula.

Perbanyak Minum Air Putih

Mengatasi flu selanjutnya yang dianjurkan adalah dengan mengkonsumsi air putih. Sesuai dengan teori yang mengatakan bahwa tubuh terdiri dari 70% air maka dengan mengkonsumsi air putih akan menjadi salah satu solusi. Mengkonsumsi air putih dipercaya akan membantu tubuh dalam mengeluarkan sisa-sisa zat dalam tubuh yang tidak dibutuhkan lagi, dan dapat dikeluarkan melalui keringat ataupun dalam bentuk air seni. Diharapkan juga virus influenza yang ada pada tubuh penderita dapat ikut terbawa dan dikeluarkan.

Kenali Bahaya Batuk Rejan Berikut ini

Madu

Mengkonsumsi Madu dan Jahe sebagai Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Influenza

Mengkonsumsi Madu dan Jahe sebagai Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Influenza

Mengobati flu selanjutnya adalah  dengan meminum madu. Madu selain berfungsi sebagai pemanis alami, ternyata juga sangat bermanfaat bagi tubuh khususnya dalam menyembuhkan flu. Ternyat dalam madu terdapat kandungan makro molekul yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti protein. Protein yang dipercaya mampu memulihkan sel-sel darah yang telah rusak juga diharapkan mampu meningkatkan sistem imun tubuh, saat sistem imun tubuh meningkat maka otomatis virus influenza akan mati. Sehingga penderita bisa kembali mendapatkan kondisi tubuh yang sehat.

Istirahat yang Cukup

 

Cara cepat menyembuhkan flu yang terakhir namun sangat dibutuhkan dan disarankan adalah istirahat yang cukup. Tubuh yang melakukan aktivitas terlalu banyak diluar akan otomatis menyerap energi tubuh dalam jumlah yang banyak, hal inilah yang membuat seseorang rentan sekali terkena penyakit khususnya penyakit influenza. Maka dari itu, penderita penyakit influenza sangat disarankan untuk memiliki istirahat yang cukup agar tubuh mendapatkan kembali energi yang hilang dan meningkatkan sitem kekebalan tubuh.

 

Cara Mencegah Influenza

Gemar Berolahraga sebagai Cara Mencegah Influenza

Gemar Berolahraga sebagai Cara Mencegah Influenza

Daripada mengobati ada baiknya kita mencegah flu. Mencegah flu bisa dilakukan dengan berolahraga, memakan buah dan sayur, rajin membersihkan tubuh, beristirahat yang cukup. Saat beraktivitas diluar, kita juga bisa menggunakan masker untuk menghindari kemungkinan terkena virus influenza, serta selalu memperhatikan benda-benda di sekitar kita yang berpotensi membawa virus, bakteri dan kuman.

Baca Juga : Cara Mencegah Penyakit Flu Singapura

Cara Penularan Influenza Serta Menularnya Virus Penyebab Penyakit Tersebut admin cukupkan sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!