Cara Penularan Flu Burung dan Sejarah Munculnya Virus Tersebut

AidaAzryn.com | Kali ini admin akan membahas cara penularan flu burung dan sejarah munculnya virus tersebut. Penyakit yang disebabkan oleh virus H5N1 adalah penyakit flu burung. Flu burung dicatat sebagai penyakit yang cukup menyeramkan. Mengapa bisa? Karena sejarah Indonesia pernah mencatat beberapa penderita flu burung berakhir dengan kematian. Jika disebut kematian maka penyakit ini cukup serius. Cara penularan flu burung dan sejarah munculnya virus tersebut akan dibahas pada artikel kali ini.

 

Flu Burung

Berbagai cara penularan virus flu burung pada manusia membuat kita harus bekerja keras untuk mencegah flu burung ini. Karena kita tidak ingin hal yang satu ini menyerang keluarga kita. Penyakit yang satu ini adalah penyakit jenis influenza. Pencegahan influenza pada virus ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satu contohnya seperti tidak memegang hewan unggas jenis apapun dengan secara langsung. Baik hewan unggas yang masih hidup atau yang sudah mati sekalipun. Bahkan akan sangat membahayakan ketika memegang hewan unggas yang sudah mati loh. Tanpa kita sadari cara penularan virus influenza bisa lewat kontak langsung terhadap hewan unggas tersebut. Selain itu anda bisa menggunakan masker ketika sedang di sebuah kandang hewan unggas anda sebagai cara mencegah flu burung masuk ke dalam tubuh. Udara yang ada pada kandang tempat hewan melakukan kegiatan sangat tidak baik bagi kesehatan kita. Maka biasakan untuk tidak lupa menggunakan masker.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Ibu Hamil dan Menyusui

 

Cara Penularan Flu Burung

Cara Penularan Flu Burung dan Sejarah Munculnya Virus Tersebut

Cara Penularan Flu Burung dan Sejarah Munculnya Virus Tersebut

Cara Penularan virus Flu Burung yang sering dijumpai akan admin sertakan pada artikel ini. Simak ulasannya:

  1. Cara penularan flu pada burung yang pertama yaitu menghirup udara yang terkontaminasi virus flu burung. Dengan suhu ruangan yang berada diatas 38 derajat celcius ternyata tidak baik loh. Hal yang satu ini dapat membuat tubuh anda tertular penyakit flu burung. Wah, anda harus tetap waspada ketika dalam ruangan yang bersuhu diatas 38 derajat celcius ya.
  2. Cara penularan flu pada unggas yang selanjutnya yaitu bersentuhan dengan hewan unggas jenis apapun sangat tidak baik loh. Apalagi anda bersentuhan dengan hewan yang sudah terjangkit virus flu burung. Jauh jauh deh dengan hewan yang sudah sakit.
  3. Cara penularan virus flu burung yang terakhir yaitu mengkonsumsi makanan. Makanan yang bahan utamanya adalah daging hewan unggas juga bisa menjadi cara penularan influenza virus yang cukup sering loh. Jadi pastikan anda mengonsumsi daging yang layak untuk dimakan. Atau lebih baik anda memasaknya sendiri karena sudah pasti anda tahu hewan yang anda makan adalah hewan sehat yang layak konsumsi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Batuk Kering pada Anak secara Alami

 

Sejarah Flu Burung

Ilustrasi Sejarah Munculnya Virus Flu Burung

Ilustrasi Sejarah Munculnya Virus Flu Burung

Sejarah flu burung Flu burung atau juga disebut Avian Influenza ini adalah salah satu jenis penyakit golongan yang cukup serius dan membutuhkan perhatian semua pihak yang ada di seluruh dunia. Penyebab utamnya adalah virus.  Macam macam virus yang cukup dikenal pada penyakit flu burung adalah virus H5N1 dan H9N1. Kecepatan virus dalam penyebarannya ternyata tidak hanya menyerang manusia. Penyebaran awalnya adalah kepada hewan dan menimbulkan kekhawatiran juga hal yang satu ini cukup ganas karena menyebabkan kematian.

 

Negara yang Terjangkit Wabah Flu Burung

Negara yang Terjangkit Wabah Flu Burung

Negara yang Terjangkit Wabah Flu Burung

Saat ini flu burung sudah mewabah dan menyerang di hampir seluruh Negara Asia, Belanda, Rusia, Australia, Itali, Chile, Meksiko, Belanda, Belgia, dan Jerman serta Amerika dan akhirnya merambah Afrika. Penyakit Flu burung muncul pada tahun 1878 di sebuah negara yaitu Italia. Pada saat itu banyak ditemukan unggas yang kematiannya secara mendadak. Namun, penyebab flu burung saat itu belum dapat dipastikan. Dan baru pada tahun 1955 penyebabnya diketahui. Penyebab kematian pada hewan secara mendadak ini adalah virus influenza. Nama Virus influenza ini adalah virus H5N1.

Baca Juga : Kumpulan Artikel Batuk Berdarah dan Bahayanya bagi Kesehatan 

Pada awalnya, virus ini dipercaya tidak cukup berbahaya karena tidak bisa menyerang spesies lain sampai akhirnya virus ini menyerang manusia dengan cara bersentuhan pada sekresi burung yang sudah terinfeksi. Itulah sedikit bahasan mengenai cara penularan virus flu burung, serta sejarah flu burung yang kemudian menjelma menjadi penyakit mematikan seperti saat ini. Sekian bahasan cara penularan flu burung dan sejarah munculnya virus tersebut, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: