Cara Mengobati Batuk Rejan pada Bayi dan Anak Serta Obatnya

AidaAzryn.com | Kali ini admin akan membahas mengenai Cara Mengobati Batuk Rejan pada Bayi dan Anak Serta Obatnya, langsung disimak yah. Batuk rejan pada bayi dan anak adalah batuk yang dialami selama kurang lebih 3 bulan maka disebut dengan batuk seratus hari. Penyakit batuk rejan juga disebut batuk pertusis, jenis batuk yang satu ini diakibatkan masuknya virus kedalam tubuh yang dikeluarkan dalam bentuk bersin. Gejala batuk rejan adalah batuk terus menerus yang tak kunjung sembuh serta naiknya suhu badan yang tak normal.

Batuk Rejan Pada Bayi

Cara Mengobati Batuk Rejan pada Bayi dan Anak Serta Obatnya
Cara Mengobati Batuk Rejan pada Bayi dan Anak Serta Obatnya

Batuk pada bayi di bulan awalnya adalah hal yang membuat anda tidak tenang dan selalu waspada, namun anda tidak perlu terlalu khawatir karena hal itu adalah normal. Batuk yang diderita sang bayi biasanya diikuti dengan pilek dan demam tinggi. Jika batuk yang diderita si bayi tidak kunjung sembuh ketika anda sudah memberinya obat barulah anda khawatir.Anda perlu menandai gejala yang timbul mungkin saja batuk sang bayi adalah batuk rejan. Batuk rejan pada bayi 2 bulan biasanya dapat menimbulkan kecemasan karena tidak bisa diberi suntikan vaksin pertusis. Bayi belum bisa menerima suntikan vaksin tersebut dikarenakan umurnya yang masih sangat rentan. Gejala batuk pertusis pada bayi biasanya adalah hidung tersumbat, demam, radang yang diderita di daerah tenggorokan.

Sama dengan batuk pada bayi batuk pada anak juga merupakan hal yang wajar, karena aktifnya anak di masa – masa pertumbuhannya dan yang tak kenal lelah dan kotor sehingga berbagai macam bakteri dan virus dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuhnya. Namun batuk pertusis pada anak yang lebih kita kenal dengan batuk rejan ini adalah batuk yang disebabkan oleh bakteri yang berbeda dengan batuk biasa. Batuk rejan juga dapat mengancam nyawa sang anak karena menyerang beberapa bagian tubuh sang anak. Maka dari itu anda harus lebih siaga ketika anak menunjukkan tanda – tanda batuk rejan.

 

Cara Mengatasi Batuk pada Bayi dan Cara Mengobati Batuk Rejan pada Bayi

Anda dapat mengatasi seluruh jenis batuk yang mungkin menyerang sang buah hati. Cara ini pun bukan hanya dapat digunakan untuk bayi juga dapat mengatasi batuk pada anak.

  1. Istirahat yang cukup

Cara ini adalah cara yang paling sederhana untuk mengatasi batuk pada bayi dan anak. Karena tubuh yang seharian sudah beraktivitas sangat membutuhkan istirahat agar dapat menyegarkan tubuh kembali di esok hari.

  1. Minum yang cukup

Memenuhi kebutuhan air dalam tubuh kita adalah hal yang mutlak yang harus kita lakukan. Dimana hampir 90% tubuh kita adalah cairan. Sehingga tubuh sangat membutuhkan asupan cairan yang sebelumnya sudah dikeluarkan melalui keringat dan air seni.

  1. Memberi Imunisasi

Dari sejak bayi anak sudah harus diimunisasi untuk memberi pertahanan pada tubuh dan kekuatan pada metabolisme tubuhnya. Jadi sudah seharusnya anda mengantarkan sang buah hati untuk mendapatkan pelayanan imunisasi agar mencegahnya dari berbagai penyakit. Setidaknya imunisasi adalah dibentuknya sistem kekebalan dalam tubuh sang buah hati.

 

Batuk Rejan Pada Anak

Obat Batuk Rejan untuk Anak

Obat Batuk Rejan untuk Anak dan Bayi
Obat Batuk Rejan untuk Anak dan Bayi

Setelah mengetahui bahwa anak menderita batuk rejan maka biasanya hal pertama yang bisa kita lakukan adalah mencari obat yang bisa dikonsumsi anak agar sedikit meredakan batuknya. Dibawah ini akan dibahas cara mengobati batuk pada bayi atau meredakan batuknya yang bisa dilakukan dirumah

  1. Air Lemon dan Madu

Caranya adalah dengan mencampurkan kedua bahan tersebut. Hal ini bisa dijadikan cara pertama untuk mengobati batuk yang menyerang sang anak.

  1. Uap Panas

Sebagaimana yang kita tahu untuk meredakan batuk biasa pada anak dengan uap panas maka hal ini juga bisa dijadikan sebagai cara mengobati batuk rejan pada anak.

  1. Antibiotik

Jika anda merasa kedua cara diatas tidak cukup membuat anda tenang maka anda bisa menggunakan antibiotik untuk batuk rejan yang sudah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Karena jika anda belum mengonsultasikannya anda tidak akan tahu apa efek samping yang dapat ditimbulkan obat tersebut.

Cara Mengobati Batuk Rejan pada Anak
Cara Mengobati Batuk Rejan pada Anak

Demikian artikel mengenai Cara Mengobati Batuk Rejan pada Bayi dan Anak Serta Obatnya. Salam sembuh dari kak aida.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *