Cara Mengobati Batuk Kering pada Balita Secara Alami dan Cepat

AidaAzryn.com – Batuk kering pada balita – merupakan masalah yang sering dihadapi para Ibu, namun jangan khawatir karena banyak cara mengobati batuk pada anak. Nah, kabar baiknya saat ini admin akan membahas Cara Mengobati Batuk Kering pada Balita Secara Alami dan Cepat.

Cara Mengobati Batuk Kering pada Balita Secara Alami

mengatasi bayi pilek mengobati batuk pada anak cara mengobati pilek pada bayi cara mengobati batuk pada anak cara mengobati flu
pilek bayi

Berikut ini adalah cara mengobati batuk pada bayi:

Jahe dan Kencur

Cara mengobati batuk yang pertama adalah menggunakan bahan alami yakni jahe dan kencur. Manfaat jahe sudah terbukti secara ilmiah dapat melegakan tenggorokan sekaligus, mampu mengatasi batuk pada bayi.

Yang harus disiapkan:

  • Seukuran 1 cm jahe & kencur
  • Iris / di memarkan, lalu  rebus sampai air terlihat mendidih

Air rebusan jahe & kencur itulah yang harus kita saring, dan diminumkan untuk mengobati batuk pada bayi. Jika masih belum mempan, simak ramuan alami lainnya berikut:

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Kering pada Anak

Jeruk nipis

Selain batuk kering, jeruk nipis dapat mengatasi pilek pada bayi. Jeruk nipis memiliki manfaat Vitamin C banyak yang dapat mengobati batuk pada anak.

Yang harus disiapkan:

  • 1-2 bh jeruk nipis yang agak matang
  • Belah jadi 2, lalu peras air jeruk tadi
  • Air yang sudah diperas mungkin masih mengandung bulir, jeruk. Jadi saring sampai hanya tersisa air saja. Jika rasanya agak kecut, bisa ditambahkan madu.

Minum air perasan ini kira-kira 2 x sehari secara teratur, hingga batuk mereda.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Kering Sacara Alami

Cara cepat mengobati batuk kering pada balita

mengatasi bayi pilek mengobati batuk pada anak cara mengobati pilek pada bayi cara mengobati batuk pada anak cara mengobati flu
bayi meler

batuk pilek pada anak seringkali terjadi karena setiap harinya balita selalu aktif bermain di dalam lingkungan sekitarnya. Setiap menemukan benda / barang “baru”, bayi selalu mendekatkan benda itu kedalam mulutnya sehingga secara tidak langsung bakteri-bakteri masuk melalui mulut/ hidung. Kalau sudah begitu, bayi / balita rentan terkena pilek. Namun ibu jangan khawatir, ada solusi cara mengatasi batuk pilek pada bayi. Seperti ulasan berikut ini.

Madu

Madu merupakan salah satu cara mengobati batuk pada anak. Selain itu juga dipercaya efektif untuk batuk berdahak pada anak. Rasa manis yang madu membuat anak serasa “tidak minum obat”. Berikut cara membuatnya:

Untuk usia anak 3 tahun

– 3 sdt madu dengan sedikit perasan jeruk lemon

Supaya manjur, minum rutin sehari 2 kali untuk hasil yang efektif. Bayi batuk pilek biasanya mereda setelah 2 hari.

Setelah sembuh, ada baiknya untuk tetap memberi madu kepada anak karena selain kegunaannya untuk menghangatkan badan, kandungan aktioksidannya mampu membuat anak kebal dari serangan berbagai macam penyakit.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Kering dan Gatal

cara mengatasi bayi pilek

Penyakit pilek rentan menghinggapi siapa saja termasuk bayi. Orangtua biasanya sangat panik ketika bayi yang baru berusia beberapa bulan menderita penyakit, termasuk pilek. Bayi biasanya selalu menangis karena ketidaknyamanan tersebut.

cara mengobati pilek pada bayi hidung tersumbat

Bayi masih belum tahu cara untuk bernafas melalui mulut. Ketika hidungnya tersumbat, maka ia akan gelisah dan tidak bisa tidur.

  1. Caranya adalah dengan menarik kotoran yang ada di hidung dengan alat seperti tisu atau handuk.
  2. Teteskan sedikit air pada hidung bayi, lalu miringkan bayi. Bersihkan lendir yang ada pada bayi dengan handuk/ tisu.

Selain itu, bila bayi batuk pilek jangan menyusuinya dengan tiduran. Usahakan menyusui sambil menggendongnya secara tegak.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Kering pada Ibu Hamil

Cara mencegah bayi mengalami pilek

Lebih baik mencegah daripada mengobati, alangkah baiknya jika kita sebagai orangtua peduli dengan kesehatan si bayi dengan cara membersihkan lokasi yang sekiranya akan di pegang oleh bayi. Jangan lupa untuk sering membersihkan tangan bayi agar terhindar dari berbagai macam virus.

Sekian pembahasan mengenai Cara Mengobati Batuk Kering pada Balita. Jika tips diatas masih belum membuat bayi anda sembuh, maka perlu diperiksakan ke dokter untuk lebih lanjut.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *