Cara Mengobati Batuk Kering pada Balita Secara Alami dengan Memanfaatkan Kearifan Lokal

AidaAzryn.com | Cara mengobati batuk kering pada balita secara alami dapat dilakukan dengan banyak cara. Bagi orang tua, anak bagaikan harta paling berharga yang sangat dijaga keberadaannya. Tak ada satupun orang tua yang rela melihat sang buah hati disakiti oleh hal apapun. Namun, seiring berjalannya waktu, sebaik apapun orang tua menjaga dan mengawasi sang buah hati,  hal-hal yang tak diinginkan masih sering sekali terjadi. Benda asing tak kasat mata yang kita sebut  sebagai bakteri dan virus dapat membuat sang buah hati terjangkit penyakit yang tidak diinginkan. Beberapa penyakit yang sering sekali diderita adalah batuk, flu, dan pilek.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Kering pada Anak

Ketiga jenis penyakit ini adalah penyakit sering sekali menyerang anak umur dibawah lima tahun. Dimana untuk anak seumuran itu adalah masa dimana orangtua harus selalu waspada terkait tumbuh dan kembangnya karena masa tersebut adalah masa pengenalan nya terhadap lingkungannya. Rasa penasaran anak umur dibawah lima tahun membuat ia sering sekali bersentuhan dengan apapun dan siapapun, tanpa merasa bahwa hal tersebut bisa membahayakan kesehatannya. Selain itu, kondisi lingkungan yang berubah-ubah tak menentu juga dapat membawa wabah penyakit apabila imun sang anak saat kondisi tidak stabil dan tidak baik. Permasalahan kecil tersebut dapat menjadi besar apabila tidak ditangani lebih lanjut secara tepat dan cepat. Artikel ini akan membahas bagaimana mengatasi penyakit yang sering diderita oleh anak dibawah usia lima tahun seperti batuk kering dengan memanfaatkan kearifan lokal.

Cara Mengobati Batuk Kering pada Balita Secara Alami
Cara Mengobati Batuk Kering pada Balita Secara Alami

Batuk yang disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus. Jenis batuk ini sendiri terbagi menjadi dua yakni batuk kering dan batuk berdahak. Batuk kering, apabila menyerang balita akan sangat mengganggu aktivitasnya. Hal ini akan menghambat keaktifan dari si anak karena kekebalan tubuhnya yang menurun. Sebagai orangtua yang cerdas dan teliti, ada baiknya jika suatu saat sang buah hati terkena jenis penyakit batuk kering tidak usah terlalu terburu-buru menanganinya dengan memberi obat-obatan mengandung kimia. Memang benar, dokter yang menganjurkan obat tersebut tidak akan memberikan dosis melebihi yang dapat diterima oleh tubuh si anak. Namun, bahan kimia tersebut tetaplah akan menghambat tumbuh dan kembang si anak juga mampu menimbulkan resisten akibat obat yang dikonsumsi. Ada baiknya jika orang tua mencoba memanfaatkan kearifan lokal untuk meredakan dan mengobati penyakit batuk kering yang diderita si kecil.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Kering pada Balita

Cara Cepat Mengobati Batuk Kering pada Balita

  1. Minyak Telon
  2. Sup Ayam
  3. Uap Hangat
  4. Istirahat yang cukup

Cara Mengobati Batuk Kering pada Balita Secara Alami

  1. Jeruk Nipis dan Madu

Kandungan jeruk nipis dipercaya dapat melemaskan otot-otot saluran pernapasan si kecil yang sudah terserang virus. Selain itu, adanya berbagai macam rasa pada madu tentu sangat disukai oleh anak anak. Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memeras 1 buah jeruk nipis, kemudian dilarutkan dengan 250ml air dan ditambahkan madu secukupnya.

  1. Larutan Garam

Larutan garam tidak hanya berguna untuk menyembuhkan penyakit diare sebagai oralit, namun mineral yang terkandung dalam garam adalah mineral yang diperlukan oleh tubuh untuk menyingkirkan virus pada pernapasan. Cara pembuatannya juga mudah, air mendidih yang sudah didiamkan lima menit ditambahkan larutan garam. Aduk hingga merata. Kemudian, untuk menghindari si kecil membuang larutan garam tersebut, orang tua juga bisa memberi beberapa sendok gula kepada anak untuk menyamarkan rasa asin menjadi manis pada lidahnya.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Kering Secara Alami

  1. Campuran Asam Jawa dan Gula Merah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa penyebab batuk, flu dan pilek ialah kurangnya vitamin C. Asam jawa yang kaya akan vitamin C akan dengan mudah menaikkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Cara pembuatannya sangat mudah yaitu 10 biji asam jawa direbus dengan penambahan irisan gula merah. Rasa manis dari gula merah diharapkan memudahkan orangtua dalam memberikan pengobatan tersebut kepada si kecil.

Cara Mengatasi Batuk Kering pada Balita
Cara Mengatasi Batuk Kering pada Balita

Ketiga bahan tersebut mudah dijumpai serta memiliki harga yang murah. Penggunaan bahan alami tidak semahal dibandingkan membeli obat ke dokter ataupun apotek. Selain itu, cara diatas juga dapat mengurangi bahan kimia yang masuk kedalam tubuh si kecil dan mencegah resisten terhadap bahan kimia pada usia dini.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Kering pada Ibu Hamil

Namun,cara pengobatan yang dianjurkan diatas juga harus dibarengi dengan istirahat dan minum air putih hangat yang cukup. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan kerjanya dalam tubuh si kecil.  Orang tua juga harus selalu memantau hal-hal apa saja yang dapat membuat virus tersebut kembail lagi. Jadi, sekarang orangtua tidak perlu khawatir apabila si kecil terkena batuk, flu dan pilek karena dengan pemanfaatan kearifan lokal tersebut sekarang anak bisa terbebas dari penyakit dan siap untuk aktif lagi.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *