Cara Mengobati Batuk Kering Pada Anak Secara Alami

Batuk kering pada anak sering kali menganggu pikiran terutama orangtua. Banyak cara mengobati batuk kering yang bisa anda coba berikut ini tanpa harus pergi ke dokter. Mau tahu caranya? simak terus ulasan dari aida azryn di bawah ini. Batuk merupakan suatu pertanda dimana tubuh akan terserang penyakit, dimana terjadi sebagai peringatan bahwa tubuh terkena virus atau bakteri melalui sistem pernapasan. Batuk sendiri memiliki 2 jenis yakni batuk kering dan batuk tidak berdahak. Beberapa tips dibawah dapat membantu Ibu-ibu untuk mengatasi batuk pada anak serta cara mengobati batuk kering pada anak secara alami sehingga anak dapat beraktifitas kembali secara aktif.

Cara Mengobati Batuk Kering Pada Anak Secara Alami
Cara Mengobati Batuk Kering Pada Anak Secara Alami

Bagaimana Cara Mengobati Batuk Kering pada Anak Secara Alami ?

Sebenarnya sangat banyak cara alami untuk meredakan atau mengobati penyakit yang sering timbul di musim pancaroba tersebut. Namun pada artikel ini, admin akan membahas beberapa cara cepat dan mudahnya saja. Dengan diiringi doa, tentu obat tersebut dapat membantu menyehatkanmu kembali.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Kering pada Balita Secara Alami dan Cepat

Jeruk Nipis Ditambah Madu dan Kecap

 

manfaat jeruk nipis bagi kesehatan dan pengobatan batuk berdahak
Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan dan Pengobatan Batuk Berdahak

Cara mengobati batuk pada anak ini dipakai nenek moyang kita sejak dulu kala. Dengan perpaduan antara jeruk nipis, madu dan kecap ternyata dapat dibuktikan secara ilmiah mampu untk mengobati batuk kering maupun mengobati batuk berdahak. Cara membuatnya sebagai berikut:

  1. Jeruk nipis di peras, taruh dalam gelas
  2. Campurkan beberapa tetes madu beserta kecap (bagi yang tidak suka kecap boleh tidak disertakan) kedalam gelas
  3. Aduk sampai merata.

Baca Juga : Cara Alami Meredakan Batuk pada Balita

Berikan campuran alami tersebut pada anak anda. Minum rutin 1 kali dalam sehari selama 2-3 hari sampai batuk mereda. Ramuan ini yang tidak hanya untuk anak, tapi dapat dikonsumsi orang dewasa.

 

Jahe dan kencur

Cara Mengobati Batuk Kering Menggunakan Jahe
Cara Mengobati Batuk Kering Menggunakan Jahe

Jahe memang terkenal manjur untuk mengobati batuk pada anak. Perpaduan antara bahan alami jahe serta kencur menjadi salah satu cara mengobati batuk pada anak. Cara membuatnya sebagai berikut:

  1. Memarkan jahe dan kencur masing-masing seukuran 1 cm,
  2. rebus dengan segelas air, tunggu sampai air mengering / tinggal setengahnya.
  3. Campurkan 1 sdm madu aduk hingga merata. angkat dan saring air yang telah direbus kedalam gelas.
  4. Tambahkan gula atau madu (jika rasanya pahit seperti jamu)

Untuk mengobati batuk kering dan batuk berdahak pada anak, anda cukup meminumkan ramuan ini ketika sakit.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Kering pada Ibu Hamil

Bagaimana cara mengobati batuk kering pada anak usia 2 tahun ?

Memiliki anak dengan usia 1-2 tahun memang rentan sekali mengalami sakit, terutama batuk. Di usia itu, anak sudah aktif bergerak dan menempelkan atau memakan apapun barang di sekitar ke dalam mulutnya. Ini yang membuat virus seringkali masuk kedalam tubuh si bayi yang lemah. Langsung saya kita bahas cara mengatasi batuk pada bayi berikut ini:

 

Madu

Mengatasi Batuk Kering Menggunakan Madu
Mengatasi Batuk Kering Menggunakan Madu

Bahan ini aman untuk mengobati batuk pada bayi diatas 1,5 tahun (dilarang memberi madu untuk berumur dibawah 1 tahun karena usus bayi belum berkembang secara sempurna). Selain itu rasanya yang manis cenderung membuat anak/ bayi suka meminumnya tanpa harus dipaksakan.

Secara ilmiah, cairan madu mengandung aktioksidan yang dapat membunuh bakteri dan virus. Selain itu madu dapat menghangatkan tubuh si bayi. Terdapat kandungan nutrisi yang membuat daya tahan tubuh bayi meningkat sehingga tidak mudah terkena penyakit. Kandungan lain madu dapat memicu air liur untuk keluar sehingga dapat meredakan rasa kering di tenggorokan. Nah, selain dapat mengobati batuk kering, trik ini juga dapat kamu gunakan sebagai cara menyembuhakn batuk berdahak juga loh. Caranya dengan memberi 1/2 sendok teh pada bayi 2 kali sehari sampai batuk kering mereda.

Demikian tips dan cara mengobati batuk pada bayi yang bisa anda coba di rumah. Sederhananya, tips diatas juga dapat dipakai untuk mengobati batuk berdahak.

Memberi obat batuk tanpa resep dokter aman untuk anak diatas 4 tahun, namun bagi anak berusia dibawah 4 tahun, tidak diperbolehkan dan harus sesuai resep dokter menurut FDA (The Food and Drug Administration). Setelah cara diatas telah anda terapkan namun jika batuk tak kunjung reda, maka anda harus segera memeriksakan ke dokter terdekat.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *