Cara Menghilangkan Batuk Kering secara Alami dengan Jeruk Nipis

AidaAzryn.com | Cara menghilangkan batuk kering secara alami tentu sangat penting untuk kita ketahui. Apabila batuk sudah menyerang maka akan sangat menjengkelkan dan menggangu pekerjaan serta mood kita. Ada banyak jenis batuk yang sering kita derita, seperti batuk kering misalnya. Jenis batuk ini merupakan batuk tidak berdahak. Meskipun tidak semenjijikkan batuk berdahak yang mengeluarkan lendir berwarna kuning namun jenis batuk ini mengakibatkan iritasi pada tenggorokan.

Ilustrasi Cara Alami Mengatasi Batuk Kering
Ilustrasi Cara Alami Mengatasi Batuk Kering

Batuk kering ini dapat diderita oleh semua umur, sehingga kita harus lebih mengatur pola makan dan istirahat kita serta dibarengi minum air putih yang cukup. Minum air putih tidak cukup dilakukan ketika cuaca sedang panas namun dalam setiap kondisi. Dikarenakan minum air putih dapat mengontrol virus virus yang masuk dalam tubuh dan akan dikeluarkan dalam bentuk keringat maupun air seni. Lalu Bagaimana caranya ? Simak pembahasannya berikut ini.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Kering pada Ibu Hamil

Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering?

Untuk cara mengobati batuk berdahak, telah admin bahas secara lengkap pada link batuk berdahak berikut. Adapun untuk cara mengatasi cara menghilangkan batuk kering secara alami, berikut bahasannya.

Cara Menghilangkan Batuk Kering Secara Alami

Cara pertama yang bisa kita lakukan sebelum memeriksakannya pada dokter adalah mengobati dan mengurangi rasa sakit secara alami.

  1. Jeruk Nipis dan Madu

Kandungan jeruk nipis dipercaya dapat melemaskan otot-otot saluran pernapasan yang sedang terserang virus dan Madu adalah bahan alami yang dipercaya melegakan tenggorokan. Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memeras 1 buah jeruk nipis, kemudian dilarutkan dengan 250ml air dan ditambahkan madu secukupnya.

  1. Larutan garam.

Larutan garam tidak hanya berguna untuk menyembuhkan penyakit diare sebagai oralit, namun mineral yang terkandung dalam garam adalah mineral yang diperlukan oleh tubuh untuk menyingkirkan virus pada pernapasan. Cara pembuatannya juga mudah, air mendidih yang sudah didiamkan lima menit ditambahkan larutan garam. Aduk hingga merata.

  1. Campuran asam jawa dan gula merah.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa batuk, flu dan pilek adalah penyakit yang disebabkan oleh menurunnya sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh kurangnya vitamin C. Asam jawa yang kaya akan vitamin C akan dengan mudah menaikkan sistem kekebalan tubuh. Cara pembuatannya sangat mudah yaitu 10 biji asam jawa direbus dengan penambahan irisan gula merah.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Kering dan Gatal Gatal pada Tenggorokan

Cara Mengobati Batuk Kering Dengan Jeruk Nipis

Cara Mengobati Batuk Kering dengan Jeruk Nipis
Cara Mengobati Batuk Kering dengan Jeruk Nipis

Buat kamu yang sedang mengalami kesakitan dan menderita penyakit batuk kering namun sulit mencari ramuan obat yang terpacaya kamu bisa menggunakan Jeruk Nipis untuk melegakan sakit pada tenggorokan. Ada banyak campuran bahan yang digunakan pada kali ini.

  1. Jeruk Nipis Jeruk nipis dengan campuran air putih hangat juga bisa dikonsumsi untuk melegakan tenggorokan yang sedang gatal dan sakit. Cukup dengan mencampurkan air perasaan jeruk nipis kedalam satu gelas air hangat dan diminum di setiap pagi anda sebelum mengkonsumsi makanan dan minuman lain. Jeruk nipis yang kaya dengan vitamin C dapat melegakan sakit pada tenggorokan.
  2. Jeruk Nipis dan KecapJeruk nipis yang dicampurkan dengan kecap bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk, salah satu jenisnya adalah batuk tidak berdahak. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu memeras satu buah jeruk nipis dan mencampurkannya dengan kecap secukupnya. Anda harus meminum ramuan ini setiap hari sebanyak 3 kali secara rutin dan teratur.
  3. Jeruk Nipis dengan Madu. Jeruk nipis adalah bahan herbal yang secara alami dapat membugarkan jasmani dapat dicampur dengan madu. Anda hanya perlu menyiapkan madu murni dan jeruk nipis. Campurkan satu sendok madu murni dengan perasaan jeruk nipis. Anda dapat meminum ramuan ini pagi dan malam setiap hari untuk mempercepat kelegaan pada tenggorokan anda.

Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Tradisional

Cara mengobati batuh berdahak biasanya hampir sama dengan cara mengobati batuk tidak berdahak yang sudah dijelaskan diatas. Sebelum mencoba resep dokter yang biasanya biaya nya lebih banyak dan menyebabkan ketergantungan, ada baiknya anda meluangkan waktu untuk mencoba membuat ramuan tradisional untuk mengurangi batuk berdahak. Bahan yang dibutuhkan biasanya dapat ditemukan disekitar anda dengan mudah, berikut admin sertakan beberapa contohnya.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Kering pada Balita

  • Jahe
  • Kunyit
  • Lada Putih dan Madu
Ilustrasi Cara Menghilangkan Batuk Kering secara Alami dengan Jeruk Nipis
Ilustrasi Cara Menghilangkan Batuk Kering secara Alami dengan Jeruk Nipis

Itulah bahasan mengenai cara menghilangkan batuk kering secara alami. Apabila ada kekurang dan pertanyaan mengenai cara mengatasi batuk kering dengan bahan jeruk nipis dan lainnya, dapat meninggalkan komentar. Semoga lekas sembuh.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *