Batuk Karena Alergi Dingin Serta Cara Mengatasinya

AidaAzryn.com | Batuk karena alergi dingin serta cara mengatasinya akan dikupas dan dibahas kali ini. Batuk yang disebabkan oleh alergi dingin ini adalah batuk yang tidak biasa. Pada kondisi tubuh normal seharusnya cuaca panas dan dingin sudah sangat wajar dirasakan. Seiring cuaca Indonesia yang hanya memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan dapat mengurangi penderita penyakit batuk karena alergi dingin ini. Namun, ada kondisi dimana seseorang harus bekerja didalam ruangan yang dingin karena adanya Air Conditioner.

Batuk Karena Alergi Dingin Serta Cara Mengatasinya
Batuk Karena Alergi Dingin Serta Cara Mengatasinya

Batuk Karena Alergi Dingin

Batuk alergi dingin merupakan kondisi yang dialami penderita ketika dalam cuaca ataupun hawa dingin disekitarnya dimana penderita sudah memiliki riwayat alergi ini sebelumnya. Batuk ini memiliki beberapa gejala yaitu :

  1. Tenggorokan Gatal

Jika anda merasakan tenggorokan anda gatal ketika anda berda dalam ruangan ataupun lingkungan yang lebih dingin maka ini merupakan gejala yang ditimbulkan sebelum batuk menyerang.

  1. Rasa Ingin Batuk

Setelah tenggorokan gatal maka biasanya sesekali anda ingin mengeluarkan rasa gatal dengan batuk. Batuk yang anda alami mungkin saja batuk kering maupun batuk berdahak yang mengeluarkan lendir.

  1. Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat adalah gejala alergi dingin pilek yang anda rasakan selanjutnya.

Gejala diatas menandakan bahwa anda benar – benar mempunya riwayat alergi dingin yang menjadi batuk.

 

Akibat dari Batuk Alergi Dingin

  1. Sesak Nafas

Batuk disertai sesak nafas sanggat mengganggu. Apalagi dalam kasus batuk kering biasanya saluran pernafasan akan terganggu sehinga menyebabkan sesak nafas.

  1. Waktu Tidur yang Terganggu

Batuk tidak mengenal waktu, ia bisa datang kapan saja. Bahkan dimalam hari ketika anda hendak tidur batuk dapat menyerang sehingga mengganggu waktu tidur anda.

  1. Suara Serak

Salah satu jenis batuk yang dapat membuat batuk serak adalah batuk kering.

 

Cara Mengatasi Batuk Alergi Karena Dingin

Cara Mengatasi Batuk Karena Alergi Dingin
Cara Mengatasi Batuk Karena Alergi Dingin

Batuk karena alergi dingin dapat diatasi dengan cara menghindari ruangan atau lingkungan dengan suhu yang cukup dingin. Untuk penderita batuk karena alergi dingin sebaiknya mempunyai penghangat ruangan khusus dalam rumah untuk menghindari hawa dingin sewaktu – waktu yang bisa muncul. Jika anda diharuskan untuk bekerja di tempat yang dingin maka anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan pakaian yang lebih hangat. Setidaknya batuk bisa terhambat dengan cara ini.

Cara Mengobati Batuk Alergi Dingin

Cara mengobati alergi dingin bisa dengan berbagai cara, yaitu cara alami maupun dengan cara resep dokter. Namun bagi anda yang tidak suka dengan obat resep dokter anda bisa mencoba obat alami dan tradisional dibawah ini.

  1. Madu

Bahan alami pertama yang bisa digunakan sebagai cara menyembuhkan batuk alergi karena hawa dingin adalah madu. Bagi anda penikmat madu maka anda bisa memasukkan madu ke setiap makanan yang anda konsumsi. Madu juga dapat dijadikan obat batuk karena alergi dingin pada anak karena rasa manis alami yang dihasilkan madu.

  1. Teh Hijau

Kandungan yang dimiliki teh hijau tidak lagi perlu diragukan. Jenis kandungan antihistamin adalah kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Cukup dengan mengonsumsi teh hijau setiap pagi secangkir teh saja dapat dijadikan sebagai cara meredakan batuk yang anda derita.

  1. Jahe

Indonesia adalah negara yang kaya akan rempah – rempah. Beberapa jenis dari rempah – rempah dapat dijadikan sebagai obat untuk batuk alergi pada anak dan dewasa. Jahe yang dicampur dengan air hangat mungkin akan terasa sedikit pahit dan hangat ditenggorokan. Anak anda mungkin saja tidak terlalu menyukainya namun anda dapat menyiasatinya dengan menambahkan madu pada ramuan teh jahe tersebut.

Nah, sekian pembahasan batuk karena alergi dingin serta cara mengatasinya, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *