Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Bayi Usia 2 Sampai 12 Bulan Secara Alami

Batuk berdahak bisa menyerang siapa saja, termasuk bayi di bawah satu tahun, untuk itu perlu diketahui cara mengobati batuk berdahak pada bayi yang tepat. Sesuai yang tertulis di wikipedia, pengertian batuk adalah gerakan refleks yang terjadi sebagai reaksi untuk membersihkan saluran pernapasan. Begitu pula batuk berdahak yang sebenarnya membantu mengeluarkan kelebihan lendir pada saluran pernapasan. Batuk akan sembuh sendiri walau tidak menggunakan cara megobati batuk berdahak bayi sama sekali. Akan tetapi apabila batuk pada bayi terjadi terus menerus tentu akan membuat tenggorokannya terasa sakit. Sehingga tidak mengherankan jika orang tua menjadi cemas dan berupaya semaksimal mungkin untuk menemukan obat batuk untuk bayi yang terbaik.

 

Bahaya Batuk Berdahak pada Bayi yang Tidak Ditangani

Sebenarnya batuk berdahak pada bayi akan menghilang sendiri setelah kira-kira 3 minggu meskipun cara mengobati batuk berdahak tidak dilakukan sama sekali. Akan tetapi apabila tidak disembuhkan, maka bayi akan merasa susah tidur bahkan sulit bernapas. Hal inilah yang sebaiknya dihindari sehingga batuk pada bayi sebaiknya segera ditangani. Selain itu bayi juga bisa mengalami sakit pada tenggorokan apabila batuk berdahak secara terus menerus. Karena itu cara mengobati batuk berdahak pada bayi 1 tahun ke bawah sebaiknya segera diterapkan.

 

Penyebab Batuk Berdahak pada Bayi

Cara mengobati batuk berdahak terbaik adalah disesuaikan dengan penyebabnya yang bisa bermacam-macam. Batuk  berdahak pada bayi biasanya disebabkan oleh virus yang menyerang karena daya tahan tubuh bayi belum kuat. Untuk itu diperlukan cara mengobati batuk berdahak pada bayi dengan tepat agar virus tidak mudah menyerang. Selain itu, alergi juga bisa menjadi penyebab batuk pada anak termasuk pada bayi. Apabila ini terjadi, jauhkan bayi dari penyebab alergi sbagai cara mengobati batuk berdahak bayi. Penggunaan  AC juga dapat menjadi pemicu buah hati Anda terserang batuk. Karena itu cara mengobati batuk berdahak pada bayi yang terbaik adalah membiarkannya berada di ruangan non-AC.

 

Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Pilek pada Bayi

Cara mengobati batuk berdahak pada bayi yang disertai pilek adalah dengan memberikan banyak minum kepada si kecil. Hal tersebut untuk membantu mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan. Cara mengobati batuk berdahak dan pilek pada bayi ini cukup efektif dan efisien untuk dilakukan setiap saat. Sehingga dalam mengatasi batuk pada bayi tidak terlalu ketergantungan pada obat batuk terutama yang mengandung zat kimia. Untuk cara alami mengobati batuk berdahak pada bayi ini juga bisa diterapkan di segala usia.

Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak pada Bayi
Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Bayi

Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Bayi Secara Alami

Adapun cara mengobati batuk berdahak pada bayi bisa berbeda tergantung usia si bayi yang memerlukan obat batuk. Cara mengobati batuk berdahak pada bayi usia 2 bulan selain dengan memberi banyak minum ASI juga dengan cara dijemur di bawah sinar matahari. Hal tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati batuk berdahak pada bayi usia 3 bulan. Bahkan cara mengobati batuk berdahak pada bayi usia 4 dan 5 bulan pun bisa dilakukan dengan cara yang sama. Sedangkan cara mengobati batuk berdahak pada bayi usia 6 bulan ke atas bisa dengan memberi makanan tambahan yang hangat dan berkuah.

 

Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak pada Bayi Usia 2 Sampai 4 Bulan

Sebaiknya dalam memilih cara mengobati batuk berdahak untuk bayi lebih memprioritaskan pada yang alami. Cara mengobati batuk berdahak pada bayi 2 bulan adalah dengan memberikan banyak ASI. Sedangkan cara mengobati batuk berdahak pada bayi 3 bulan juga bisa dilakukan hal yang sama. Dan cara mengobati batuk berdahak pada bayi 4 bulan juga sebaiknya diberi banyak minum. Obat batuk berdahak yang juga efektif adalah mengoleskan minyak kayu putih pada punggung anak. Mandi dengan air hangat juga bisa menjadi salah satu cara mengobati batuk pada bayi.

 

Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak pada Bayi Usia 5 Sampai 8 Bulan

Bagi bayi yang berusia 5 sampai 8 bulan ada sendiri caranya. Cara mengobati batuk berdahak pada bayi 5 bulan masih sama seperti bayi usia di bawahnya karena merupakan usia pemberian ASI eksklusif. Sedangkan cara mengobati batuk berdahak pada bayi 6 bulan sudah bisa diberi makanan pendamping ASI yang juga berfungsi sebagai obat batuk. Seperti pemberian makanan hangat dan berkuah yang juga bisa dijadikan cara mengobati batuk berdahak pada bayi 7 bulan. Obat batuk untuk bayi selanjutnya yang juga aman digunakan sebagai cara mengobati batuk berdahak pada bayi usia 8 bulan adalah dengan mengoleskan kunyit pada payubara ibu sebelum memberi ASI.

 

Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak pada Bayi Usia 9 Sampai 12 Bulan

Cara mengobati batuk berdahak pada bayi usia 9 hingga 12 bulan tentunya sedikit berbeda karena bayi sudah mampu mencerna obat batuk tradisional dengan baik. Sederhananya, cara mengobati batuk berdahak pada bayi 9 bulan adalah bisa dengan memberikan air jahe sedikit demi sedikit kepada anak. Langkah ini juga bisa diterapkan sebagai cara mengobati batuk berdahak pada bayi 10 bulan, cara mengobati batuk berdahak pada bayi 11 bulan, dan cara mengobati batuk berdahak pada bayi 1 tahun.

 

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengobati Batuk Berdahak pada Bayi

Ada beberapa hal yang ahrus diperhatikan sebelum menerapkan cara mengobati batuk berdahak pada bayi. Cara mengobati batuk berdahak pada bayi usia 2 bulan ke atas tadi merupakan cara sederhana yang bisa Anda terapkan di rumah. Namun jika obat batuk untuk bayi tersebut tidak mempu mengurangi batuk berdahak si kecil, segeralah konsultasikan ke dokter. Walau bagaimanapun dokter tentu lebih paham cara mengatasi batuk pada anak. Sehingga sebagai orang tua Anda tidak salah langkah dalam menangani penyakit yang diderita buah hati Anda.

Pengobatan batuk berdahak dan pilek harus diberikan sesuai umur penderita. Baca juga cara mengobati batuk berdahak yang telah kami rangkum berdasarkan usia :

Demikian beberapa cara mengobati batuk berdahak pada bayi yang boleh Anda coba. Mengatasi batuk pada bayi memang sebaiknya menggunakan obat batuk tradisional. Harapannya setelah menggunakan cara mengobati batuk berdahak tersebut, efek dan dampak dari penggunaan bahan kimia yang berlebihan pada si kecil dapat dikurangi.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *