Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak pada Ibu Hamil

Batuk terutama batuk berdahak merupakan salah satu penyakit yang cukup cukup berbahaya bagi ibu hamil sehingga diperlukan cara mengobati batuk berdahak yang ampuh. Sebelum membahas mengenai obat batuk untuk ibu hamil sebaiknya ketahui dulu apa yang dimaksud dengan batuk dan batuk berdahak. Batuk adalah kondisi dimana tubuh melakukan tindakan refleks untuk membersihkan saluran pernapasan. Sedangkan batuk berdahak menurut wikipedia adalah kondisi dimana saluran napas terdapat mucus atau lendir. Ketidak nyamanan saat menderita batuk berdahak, terlebih lagi bagi ibu hamil mengharuskan para ibu untuk mengerti cara alami mengobati batuk berdahak pada ibu hamil.

 

Bahaya Batuk Berdahak yang Tidak Ditangani

Apabila tidak segera ditangani, ternyata batuk berdahak cukup memberikan efek yang serius bagi ibu hamil, sehingga para ibu harus tahu cara mengobati batuk berdahak. Pengaruh batuk pada ibu hamil terhadap janin terutama untuk usia kurang dari 3 bulan adalah dapat membuat keguguran. Batuk saat hamil pun dapat menyebabkan janin keluar sebelum waktunya, terutama bagi ibu yang kandungannya lemah serta memiliki serviks lunak. Batuk pada ibu hamil juga dapat membuat janin terguncang dan rentan terkena infeksi.

 

Penyebab Batuk Berdahak pada Ibu Hamil

Agar dapat menentukan cara mengobati batuk berdahak yang paling tepat bagi ibu hamil, harus diketahui dulu penyebab dari batuk tersebut. Pada dasarnya kondisi tubuh ibu hamil memang mengalami perubahan serta kapasitas rongga dada sehingga dapat menyebabkan batuk. Ibu hamil batuk juga kemungkinan disebabkan oleh suhu tubuh yang berubah-ubah. Penyebab lain dari batuk adalah infeksi virus yang harus segera ditangani dengan menggunakan obat batuk yang aman untuk ibu hamil. Lingkungan yang kurang sehat serta kebiasaan merokok juga bisa menjadi penyebab ibu hamil terserang penyakit batuk berdahak.

Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak pada Ibu Hamil
Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Ibu Hamil

Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak pada Ibu Hamil

Cara mengobati batuk berdahak sebaiknya disesuaikan dengan penyebabnya, dan untuk mengetahuinya alangkah lebih baik jika dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Setelah mengetahui penyebabnya, carilah obat batuk aman untuk ibu hamil, seperti penggunaan bahan-bahan alami. Membiasakan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga dan beristirahat yang cukup juga bisa menjadi cara mengobati batuk berdahak pada ibu hamil. Rajin membersihkan lingkungan dari debu juga bisa mengurangi batuk pada ibu hamil.

 

Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak pada Ibu Hamil

Seperti yang telah dikatakan tadi, penggunaan bahan alami merupakan cara mengobati batuk berdahak terbaik bagi ibu hamil. Obat batuk herbal bagi ibu hamil yang bisa diterapkan adalah asam jawa yang dicampur dengan gula jawa dan diseduh dengan air hangat. Obat batuk tradisional untuk ibu hamil ini cukup aman dikonsumsi apabila penderita tidak memiliki riwayat maag. Cara alami mengobati batuk berdahak pada ibu hamil selanjutnya adalah menggunakan jahe dan kencur. Caranya cukup mudah, memarkan jahe serta kencur dan campurkan ke dalam teh hangat, obat batuk alami ini pun sudah bisa dirasakan manfaatnya.

 

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengobati Batuk Berdahak

Dalam memilih cara mengobati batuk berdahak yang tepat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama, ketahui dulu penyebab dari batuk pada ibu hamil. Yang kedua, pelajari apakah ibu hamil memilki alergi pada obat tertentu agar dapat memberi obat yang tepat. Kemudian obat batuk untuk ibu hamil yang berupa bahan kimia sebaiknya tidak terlalu sering dikonsumsi karena dapat memberi efek samping.

 

Tips dan Trik Agar Tidak Terkena Batuk Berdahak

Setelah mengetahui cara mengobati batuk berdahak ada baiknya Anda mulai melakukan pencegahan agar tidak mudah terserang batuk berdahak. Hal yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan, perbanyak istirahat, dan lebih sering minum air putih. Hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh karena dapat mengurangi kekebalan tubuh sehingga batuk saat hamil pun menjadi lebih sering terjadi. Dan untuk mencegah batuk pada ibu hamil, lakukan vaksin batuk rejan dan pertusis atau dikenal dengan imunisasi DPT (Difteri, Pertusis, dan Tetanus).

Pengobatan batuk berdahak dan pilek harus diberikan sesuai umur penderita. Baca juga cara mengobati batuk berdahak yang telah kami rangkum berdasarkan usia :

Beberapa cara mengobati batuk berdahak yang telah dijelaskan di atas merupakan cara alami yang relatif aman. Namun apabila batuk tidak kunjung reda meskipun telah rutin diberi obat batuk alami untuk ibu hamilΒΈ cobalah untuk konsultasi ke doter. Hal tersebut agar bisa mendapat penanganan yang lebih tepat dan usahakan meminta obat batuk herbal saja untuk mengurangi efek samping dari penggunaan cara mengobati batuk berdahak pada ibu hamil.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *